Al Akhfiya’ , mereka mutiara-mutiara yang tersembunyi…

Bismillah,

Andai saya bisa menjadi mereka..mendengarnya saja sudah kagum..subhanallah..

Mereka dikenal sebagai al akhfiya, orang2 langka yang sulit dicari ataupun dikenali, orang2 mulia tersembunyi yang selalu menyembunyikan setiap kebaikan yang dilakukannya. Dihadapan manusia, mereka berlaku biasa-biasa saja, tapi setelah semua manusia menghilang, maka sebenarnya, mereka ini adalah ‘gembong mafia kebaikan yang benar2 underground’ kebaikannya tersembunyi.

Andai saya bisa menjadi mereka..mendengarnya saja sudah kagum..subhanallah..

Mereka adalah orang2 yang ketika mendengar Qur’an atau Hadis dibacakan lalu menangislah matanya karena bening hatinya, lalu para akhfiya cepat2 menoleh seakan tidak ada apa2 sambil berkata, “mmm….berat sekali flu ini

Begitulah, padahal hatinya begitu bersih, tapi tak sedikitpun keinginan untuk dipuji manusia timbul dari hatinya, menutupi putihnya hati dengan pura2 flu. Bagi mereka, pujian manusia adalah hal kecil, yang mereka, para akhfiya butuhkan hanyalah pujian Allah swt.

Andai saya bisa menjadi mereka..mendengarnya saja sudah kagum..subhanallah..

Mereka, kelakuan sehari-hari tak ubah seperti manusia biasa. Tapi dibalik itu semua, tersimpan rahasia kejernihan niat mereka. Siang hari, banyak tertawa seperti manusia pada umumnya. Tetapi ketika malam sudah beranjak, maka terdengarlah raungan tangis taubat mereka, seperti pembunuh orang sekampung, meraung menangis sejadi2nya, meminta ampun seperti orang paling berdosa sedunia. Merekalah orang2 yang shalat sunnah sembunyi2, berharap tak seorangpun di dunia ini tau tentang shalat sunnahnya. Mereka adalah manusia yang bersedekah, ketika para pengemis tertidur. Ketika bangun dan menemukan uang entah milik siapai, si pengemis hanya bersyukur dan berdoa terhadap ‘manusia tersembunyi’ ini. Betapa mereka tak ingin si pengemis tau mereka telah berinfak, jangankan untuk dipamer2kan kesemua orang.

Mereka, para manusia mulia ini, adalah mereka yang membaca Al Qur’an dengan tenang diantara khalayak, namun menangis sejadi-jadinya ketika membacanya sendirian. Mereka, orang2 yang berjalan di hamparan bumi ini seperti banyak menusia lainnya. Padahal di tiap langkahnya, bergemuruh zikir di dalam hatinya. Mulutnya sama sekali tertutup, tak berharap ada orang yang tau apalagi memuji. Mereka, para al akhfiya, orang-orang berhati mulia. Mutiara tersembunyi di balik khalayak manusia. Kebaikan2 yang tersembunyi.

Andai saya bisa menjadi mereka..mendengarnya saja sudah kagum..subhanallah..

Hanya terus berharap mimpi indah semoga men jadi kenyataan indah… menjadi beberapa bulu putih dari milyaran bulu hitam.. menjadi jarum terjatuh, langka dicari dibalik jerami insan….

27 responses to this post.

  1. Setan nya sich yang kurang ajar, ketika berbuat baik eeeh di bujuk2 agar ngomongin ke orang lain, alhasil sering keceplosan ngomong ke orang lain, hehehehhe…..

    bener..kadang gak keceplosan, tapi sengaja.. kebawa nafsu.. jadi deh gonjang ganjing.. terus entar ditanya “kaugunakan buat apa lidah dan bibirmu?” …. terdiam, nunggu ditusuk besi panas😦 mnyedihkan memang
    [udah ngomong kayak gini, entar lupa lagi.. hu😦 saya lemah ya..]

    Balas

  2. pura2 flu? berbohong mksdny?

    Balas

  3. jd teladan n mnjaga izzah sbg seorang muslim/muslimah jg susah n penting tuh….
    Islam adlh agama keseimbangan
    Misal: G kikir tp g boros
    G takabur tp g kecil hati
    dan..
    Jd teladan tp g riya..
    susah tuh.. tp itu seninya mengejar ridho 4w1..
    Sesungguhnya brsama ksulitan ada kemudahan
    satu lg.. jgn berandai2 mulu!
    U are what u think!!

    konsep mindset ya? ato the power of thingking? optimis.. yah, saya sih cuma bisa berandai2. wong kerjaan saya jauh dari apa yang saya andaikan🙂 ..
    bener mbak, agama pertengahan… flu? bohong? mungkin gak juga.. cerita flu adalah ceritanya tabiin besar, saya lupa namanya… tapi, dengan dia menyembunyikan seperti itu, justru Allah lah yang membuka kemuliaannya. beda dengan saya, sok baik (??) tuh, bisa jadi malah kebaikan yang ditonjolkan malah Allah tutupi..
    whatever, saya suka style al akhfiya.. bersedekah aja pas pengemisnya tidur.
    kalo becermin ke diri saya, saya itu jarang ngasih ke pengemis😦 udah gitu kalo mau ngasih mungkin pas ada temen ato org yg liat😦 boro-boro nunnguin pengemisnya tidur..
    kalo saya bacanya dibalik satu kesulitan ada dua kemudahan^^

    Balas

  4. Posted by kenarric on November 8, 2008 at 10:16 pm

    “gembong mafia kebaikan yang benar2 underground”
    busyet . . . !
    kata-kata yang benar-benar dahsyat !
    hmmm… nggak salah kalo gw slama neh ngagumin loe Man . . .

    eni-y, mumpung komen nggak bayar (karena mungkin belum terkena dampak krisis global). gw mo promosi neh man. . ..
    g pa2 khan . . .
    g pa2 deh . . .
    hahaha . . .

    http://indonesialova.wordpress.com/
    blog baru gw. yah, itung-itung belajar pake wordpress. siapa tau gara-gara pake wordpress (yang selama ini dipake oleh seorang abdurrahaman) gw juga keimbas ama kejeniusan kata-kata sang abdurrahman. ah, moga ja deh . . .

    yw dah, bruan klik tuh .
    ntar basi lagi . . .
    hahahak . .. .

    ari.. selalu begitu, memenggal leherku dengan kata-katanya.. pujian is ujian, so puji is? [loh, ko bawa2 nama kiai yang lagi booming?]
    udah diliat tuh blognya, ugdh link juga

    Balas

  5. semua orang bisa menjadi al akfiya, ketika mereka memang betul-betul berniat menjadi nya.

    salam ta’aruf dari ana, syukron sudah mampir

    assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokaatuh

    Saya niat ! tapi kalo gak diiringi dengn perbuatan sama aja kali ya?
    salam ta’aruf juga.. syukron sudah mampir n komen. sering2 mampir^^
    wa’alaykumsalam
    warohmatullohi wabarokaatuh

    Balas

  6. akau selalu mendoakan yag terbaiklah yang nanti akan kau raih dlam segala hal yang kau lakukan dengan penuh kejujuran.
    semoga!
    salam hangat selalu tuk semua yang menyayangimu

    amin… ya Allah ijabahlah doa hambamu ini.. begitupun aku selalu mendoakan yag terbaiklah yang nanti akan kau raih dlam segala hal yang kau lakukan dengan penuh kejujuran.
    semoga! amiiin..
    salam hangat selalu tuk semua yang menyayangimu, bluethunderheart^^

    Balas

  7. Posted by lisa^^ on November 10, 2008 at 7:49 am

    assalamu’alaikum man^^…

    topikx excellent btul,,
    iye ke??

    he,..
    ngomong2 klw ngebhs mslh al akhfiya… emang 1 kendala bsrx ntu lidah man,.. ini ne yg bwt rusuh khan?

    artikelx siip dah..
    terus n byk2in lg karya mu tmn^^..

    wa’alaikum salam ya ukhti..^^ nak jadi uwang malasie ke??
    makasi ya sms as-syams nya? faalhamaha fujuroha wa taqwaha.. damaiii..
    iye laa., lidah ni, tapi hati tetep jadi kunci.. man, sebagai manusia, mungkin terlalu banyak sombong,
    padahal kesombongan itu adalah selendangnya rabbul izzati.. [ya Allah, jangan Engkau tunjukkan kepada hambamu yang lemah ini kesombonganMu, sungguh hamba akan terpekur, terdiam, tak bergerak, jika Kau tunjukkan kemahaanMu..]

    makai teman^^

    Balas

  8. yups..
    semoga harapannya dapat terjadi…
    yups..
    tentunya niat yang di barengi dengan usaha dan doa..

    yang penting kita berusaha ke arah yang lebih baik..
    insyaAllah…😉

    amin ya rabb, terima kasih^^ salam kenal

    Balas

  9. eh ada abdu…what a nice post…iseng-iseng aja mau kasih komentar…

    manusia adalah ciptaan paling sempurna dari tuhan..tiap manusia punya rahasianya sendiri…tiap makhluk punya hitam dan putihnya masing-masing…mungkin kita hanya dibutakan oleh suatu yg tampak dan tak mau melihat dari sisi lain yang tak tampak dari 5 indra kita…tapi mungkin satu yang pasti, dari sebuah handuk yg putih selalu ada bintik hitam dan dari handuk yg hitam selalu ada bintik putih yg melekat…hanya kitalah yg memutuskan untuk melihat dari yang mana…tapi tuhan selalu memberi jalan bagi umatnya untuk menjadi lebih baik, dan umatnya lah yang menentukan akan kemana mereka melangkah…

    salam dari OrangAnehMenulis…hehehe

    eh, ada panda_andi. makasih,
    ya benar ndi.. mmm, rendah hati ya. padahal tulisannya bagus^^

    Balas

  10. Posted by milanholics on November 10, 2008 at 1:26 pm

    Subhanallah…
    gw g nyangka, dibalik keseharian luw yg gw lyat sehari2 ternyata luw punya sesuatu yang mungkin g bisa dimiliki oleh orang yang gw lyat sehari2
    betul2 jangan melihat buku dari resensinya aja yah,,,
    gw rasa ney bakat yg dikasih Allah sm luw
    terus kembangin bro!

    rabbana lakal hamd, alhamdulillah, amiin.. gw juga tau, sesuatu yang ga dimiliki orang lain, juga sama lo kit, mari kita berkembang^^

    Balas

  11. Salam ukhuwah man.. Jeruji kedunguan umat mulai meleleh.. Dg teriakan allahu akbar.3x!!! Yg bergemuruh akhir2 ini.. Percaya/tidak titik balik telah di mulai, kesadaran akan pembelaan atas agama telah meranum menuju kematangan. Mari bersama bermain dalam arena jihad di jagad maya.. Menjadikan media sbg sarana meleleh kan dominasi pemahaman jahil yg telah membatu di otak umat. Jazakallahu khairan katsiraa.

    salam ukhuwah juga! betapa…. betapa.. kata2 yang indah… amin ya rabb, aminn. jazakallahu khairan katsiraa..^^

    Balas

  12. wah man kamu ternyata suka jg ya dgn islam..
    kapan2 boleh qta ngobrol di salman smbil nunggu shalat dzuhur..

    Hmm…boleh, tapi kamu yang cerita ya?^^’ jadi malu, maklum ilmu saya dikit.

    Balas

  13. Assalamu alaikum Wr Wb
    wagh, nice…
    semoga kesabaran dan harapan itu tidak menjadi sia-sia…mari mempererat tali silaturhami yang baik dan mnejaga iman…terima kasih pula telah berkunjung ke blog saya…
    wassalamu alaikum wr wb

    wa’alaikumsalam wr.wr

    mmm ^^ rabbana lakal hamd
    amin, terima kasih

    Balas

  14. Membaca tulisan ini saja sudah membuat mata saya berkaca-kaca:'(.Air mata hampir jatuh tapi takut ketahuan orang.

    Alhamdulillah..saya nyasar ke blog yang tepat.:-)

    Salam Kenal dan ijinkan saya pasang link ini diblog saya:-).

    Wassallam..

    hmmm. ah, paling airmata flu kan? ^^
    alhamdulillah, saya disasari orang yg tepat juga

    boleh, senang sekali
    wassalam

    Balas

  15. mas, saya penasaran syp tabiin yg mas maksud?

    Balas

  16. mungkin pura2 dgn belagak flu
    “sraatt sroott pake tissue”, hihi
    tp kl ditanya, “flu mas?”
    “Hiks, nggak kok!”
    “Lha terus napa tuh tissue penuh ingus?”
    “Hehe g knapa2”
    “nggak knapa2 gmana?”
    “Yaa gitu deeehh”
    “ya gitu deh apa?”
    “ya g gitu jg sih..”
    “Apa seehhh, Mas ini, Nangis ngaku aja deeehhh!!”
    “yaahh hehehehehehe ktauan y??”
    mata masi merah, ingus masi meler, dah cengenges kaga’ jls
    hehehehehehehe
    krik-krik

    abis kl g flu trus blg “saya flu”
    itu sih apapun yg tjadi 100% bohong
    dlm islam kan g da ‘white lie’

    Balas

  17. Posted by sidhanimuth on November 15, 2008 at 3:04 pm

    mas “rindu” nya mana??

    Balas

  18. @hani: kalo ada orang nanya, ‘eh hani itu saudarimu ya man?’ terus saya bilang ‘hani itu saudari saya’ lalu dalem hati saya bilang ‘saudari dalam islam’ itu namanya apa mbak?

    Balas

  19. SUBHANALLOH…bagus.

    rabbana lakal hamd.. terima kasih^^

    Balas

  20. Wah template nya ganti lagi, warna yang bagus, hijau nya aku suka banget, dulu pengen banget nyari warna yang seperti ini, tapi belom ada yang sreg sama bentuk template nya. Jadi masih nyari2 lagi.

    tapi apa ini enggak terlalu sempit kang???

    iya siih.. ga ada yang bener-bener pas sama saya.. gimana lagi, kalo suka kelebihannya, harus siap menerima kekurangannya…^^

    Balas

  21. kok membelokkan pembicaraan?

    Balas

  22. kok membelokkan pembicaraan sih?

    ga koq, kan masih dlm tema white lie

    Balas

  23. ooh gitu..
    kynya hrs clear deh, g tau saya kl yg begitu
    jd mas mo ngasi tw g referensinya?

    oiya rindunya mana?

    rindunya di blogroll mbak, tapi sedih… dianya lagi hiatus alias oof ngeblog

    Balas

  24. jd g mo ngasi tau??

    auduuh, mbak…….. haniii… kan udah di bilangin ada di blogroll saya …. liat aj, link yg namanya rindu. ^^ . ato ini aja, ini alamatnya rinduku.wordpress.com

    Balas

  25. mksd sy ttg Al-Akhfiya’ ituu

    ?? yang tabi’in itu? , mph.. sy dah lama gak liat bukuna, ntar kalau saya sempat, Insya Allah … buat apa han?

    Balas

  26. subhanalloh..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: