Aku, hampir menangis…

Sebetulnya saya ingin menulis tulisan tentang KAPANKAH MANUSIA ITU MENCAPAI TINGKAT CUEK TERTINGGInya (Puncak Keegoisan Manusia)…tapi saya undur kapan2 postingnya, karena, Aku, hampir menangis…

Beberapa hari ini saya sering dimintai tolong oleh teman yang sepertinya sedang krisis mental dalam menghadapi kuliahnya, dia selalu bertanya: man, gimana seh cara biar kita lancar ngomong? gimana sih bergaul yang baik…? saya jawab: tenang, kamu bakal dapet celahnya, biarkan waktu yang mengembangkanmu…kamu akan berubah, waktu akan mengubahmu koq. Eh, si temen protes: kapan? kapan waktu akan mengubah? aku dah kayak gini dari dulu…! aku cuma diem..

malam ini, ketika saya pulang dari taraweh, dia nanya (mengadu) lagi, tadi dia udah mulai kuliah, dan dia merasa minder, temen2nya bilang dia terlalu bertele-tele, gak jelas, kurang kritis dll yg bikin dia makin jatuh… aku bilang, yah mungkin cuma perasaan kamu aja kali… dia langsung marah: temen2 aku yang bilang gitu, kenapa man aku kayak gini? ada yang salah ya dengan otakku? otakku salah ya?

saya langsung cari cara, kasihan dia terbebani bgini… saya langsung bales marah lagi ke dia: yah, kamu mgkin terlalu membebankan diri harus langsung aktif..Ga ada yang instan!kalo mau berubah butuh waktu, emang sim salabim semua yang kamu pengen langsung dapet? enak banget! semua butuh proses fren! saran saya… Dia langsung calm down, nanya, kamu punya motivasi gak buat aku? saya kirimin kata2 dalem buku yang saya baca: Saya melihat seorang pemecah batu sdang memukul sebongkah batu padas sampai seratus kali tanpa kelihatan retak sedikitpun. tapi, pada pukulan keseratus satu kali, batu itu pecah menjadi dua. saya tahu, bahwa bukan pukulan yang terakhir itu yang membelah batu. tapi semua pukulan yang sudah dilakukan sebelumnya…

setelah itu dia gak sms lagi…

tapi setelah itu, giliran saya yang tertekan batin… PR fisika didepan meja belajar, susah minta ampun, saya lihat kalkulus, ya Allahm ampun… saya gak berdaya mengerjakannya… lalu sya inget2 temen yang pinter.. saya kunjungi juga malam itu…eh dia tidur bersama buku fundamentals of phisycs nya halliday.

saya pergi ketempat yang lain, di jalan, rasanya ingin menangis gak bisa ngerjain PR.

setelah ketempat teman yang lain, saya aduin tuh fisika dan kalkulus… dia nanya: nomor berapa seh? 10? 11? saya jawab: 1, dia kaget: beneran nomor 1 gak bisa? wah parah lo… saya ingin nangis.. lalu dia kerjakan nomor2 yang saya anggap susah sambil menunjukkan beberapa nomor dengan tingkat yang bikin saya jadi mau nangis…Ya Allah, saya ko segitunya gak bisa ya…. temen2 yang lain bisa, cuma saya yang gak bisa… keinginan untuk nangis menangisi kelemahan dan kebobrokan pun lebai setelah ia cerita tentang temannya sekelas yang ikut IOAA (internasional olympiad astronomy and astrophysics) dia bilang temennya itu udah MENDEWA fisikanya, hiks…hiks… lemah sekali saya…lemah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! gimana mau ujian???????

Haliday resnick...versi luar negeri kayaknya

Haliday resnick...versi luar negeri kayaknya

saya gak tahan lama-lama di tempatnya, dengan hampir nangis saya pergi (saya bingung harus mulai darimana belajar? dari nol?koq saya segininya gak bisa sih? ternyata tekanan batin yang saya alami lebih dahsyat dari temen yang nanya gimana cara komunikasi (mungkin)…. saya jadi bertanya-tanya, saya ini bisa gak sih kalkulus, fisika, kimia? atau bisanya cuma nulis di blog? dan nyuruh orang komen…

dia, temen yang nunjukin kalkulus dan fisika, dari balik pintu asrama nanya: Man mau kemana? (ngeliat saya ngeloyor gitu aja)

saya jawab dengan perih di hati: ke warnet, curhat!

Haliday resnick...versi luar negeri kayaknya

Haliday resnick...versi luar negeri kayaknya

13 responses to this post.

  1. Posted by HANI on September 10, 2008 at 7:29 am

    Walah, sabar y nak! Mas kan dah ketrima d ITB, jd potensinya itu ada, tinggal kerja kerasnya aja.

    Kl udah jgn lupa tawakkal mas.

    Ada tambahan mas. Apa yg qt pikirin kl liat kakek2 letoy mecahin batu gedueee bgt? Wuaahh hebatt bgt, pdhl qt g tau aja kl itu pukulan yg ke satu juta kali, eh, sepuluh juta kali duenk!

    Kagum qt pasti brkurang stlh tw itu pukulan ke spuluh juta.

    Qt g tw ja mas kl sbnrny mreka udah dlm prjalanan panjang yg dpenuhi krja keras sblm brhasil jd juara. Itu yg blm qt lakukan, n blm trlambat! Ayo, msh da 2 minggu lbh!

    Balas

  2. Jangan katakan bahwa kita punya masalah yang besar,.
    Namun tekankanlah di hati bahwa kita punya aLLah yang Maha Besar,.

    Balas

  3. Posted by abdurrahmaniz on September 11, 2008 at 2:38 pm

    @hani:
    wah,,,terima kasih…ketika pikiran saya kacau, semua yg saya pegang jadi lepas…termasuk pikiran dan mimpi yg membuat saya tetap “hidup”…
    paman yg saya yg alumni itb pernah bilang,,,kamu yg dari pelosok mgkin akan kaget, ngliat temen2 yg bisa, smntara kamu gak bisa…mgkin mereka butuh cuma 1jam buat belajar, tapi kamu butuh 5 jam…ga papa..ini hanya masalah sudah dipelajari atau belum saja… saya akan coba untuk tetap bertahan… mudah2n Allah membalas kebaikan mbak…

    @mas dwinanto…
    alhamdulillah, Allah mengirimkan saya seseorang yg bisa mengingatkan saya kepadaNya…
    mas benar,,, Allah mahabesar, dan dengan kemaha besaranNya itu, semua yang lain adalah sangat kecil… mudah2n Allah membalas kebaikan mas…

    Balas

  4. Posted by saras on September 12, 2008 at 3:28 am

    asslm. wr. wb.
    cuek aja atuh… tapi juga sambil kerja keras… aku terus terang santai banget termasuknya kuliah di sini… (belum sibuk kali ya?) aku belum bersedia ikut unit ini itu untuk waktu sekarang… biarin aja … yang penting kalkulus, fisika ama kimia dapet…

    “……lalu sya inget2 temen yang pinter.. saya kunjungi juga malam itu…eh dia tidur bersama buku fundamentals of phisycs nya halliday……..”

    tau ga, waktu bridging, itu buku bacaanku, asyik sih tapi setelah ketiban buku itu dan mukaku lecet.. yaudah, jarang dipegang lagi… ahahai…

    Balas

  5. Posted by abdurrahmaniz on September 12, 2008 at 3:59 pm

    @saras:
    ya…kamu kan udah bersentuhan dgn kayk gitu waktu sma….
    aku, jujur msh aneh dengan pola bljar kln yg dari jawa…kaget dan juga agak kerepotan…
    saras ikutan unit masih bisa…saya udah ga sibuk2 amat, blum bisa…mudah2an saya cepet bisanya..amin
    wahh…mainannya buku tebel gitu..

    Balas

  6. sabar ja ya bg…setiap orang punya kelemahan,tapi dari situlah kita bisa belajar dan mempebaikinya.selagi kita mau mencoba insyaallah apa yg kita inginkan akan tercapai.ingat..allah selalu bersama kita..

    Balas

  7. Posted by saras on September 16, 2008 at 1:30 am

    emang gaya beajar ana@ sini kayak apa sih? perasaaan biasa2 aja deh…? eh eh, tapi saya mah belum ikutan unit kok…, kemarin mau ikutan U-Green, tapi jatuh sakit 2x berturut2… memang belum waktunya kali… hehehe- amu ikutan unit apa aja?

    Balas

  8. Posted by saras on September 16, 2008 at 1:56 am

    “Kisah Sang Lebah”ku ga kekirim ya? hwa…

    Balas

  9. Posted by saras on September 16, 2008 at 2:06 am

    mainanku sebenarnya bukan buku tebel…
    hehe..
    sekarang, text books aja ga ada yang dibawa ke kampus… mungkin emang dasarnya anak2 fitb kya gt kali y…santai…
    hehe… yang penting kan catatan dari dosen…

    Balas

  10. Posted by saras on September 16, 2008 at 2:07 am

    ^^_

    Balas

  11. Posted by Abdurrahman on September 16, 2008 at 10:26 am

    @saras…santai ya”padahal kalo inget temen2 itb yg jago2 jd pengen nangis, aku bukan sapa2…tapi santai ja kali ya..:)

    Balas

  12. Posted by saras on September 22, 2008 at 8:18 am

    siippp………. santai, tapi optimis, kerja keras, semangat,,, atur waktu…

    Balas

  13. Jangan terlalu memikirkan apa yang menjadi kekurangan kita,kalo kita merasa ndak bisa,ya kita harus belajar lebih keras agar supaya bisa,
    salah satunya sudah kau lakukan khan, ‘minta ajarin teman yang bisa’
    yang penting teruslah berusaha n tetap semangat bro…

    ^^

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: